Kamis, 22 Februari 2018

Fungsi Router

Secara umum router berfungsi sebagai perangka jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda. Sementara secara khusus fungsi-fungsi raouter adalah sebagai berikut.

1.Fungsi utama router adalah menjadi penghubung antara dua jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaan dengan switch, switch adalah penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu locak area network (LAN).

2.Router mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya mirip brigde.

3.Router menghubungkan LAN kesebuah layabab telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau digital subscribe line (DSL). Router digunakan untuk menghubungkan LAN kesebuah koneksi leased line seperti T1 atau T3 yang sering disebut sebagai access server.

4.Router menghubugkan jaringan local kesebuah koneksi DSL. Router jenis ini juga disebut router DSL. Router DSL umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meskipun beberapa router tidak memiliknya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga packet-filtering router. Fungsi router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja  jaringan.

5.Router merupakan alat penghubung diantara jaringan yang berlainan. Ketika paket dikirim, router akan menjalanankan beberaoa proses penting, di antaranya menerjemahkan protokol, mengemas jadwal haluan, mengirim paket, membungkus paket, dan membuka bungkusan paket. Selain itu, router juga berperan untuk menapis trafik dengan membenarkan paket tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar